Dalam kaitannya organisasi bisnis media
komunikasi adalah suatu media atau alat bantu yang digunakan oleh suatu
organisasi untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja dengan hasil yang
maksimal. Secara sederhananya, media komunikasi ialah sebagai salah satu
saluran perantara dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada khalayak
yang bertujuan untuk efisiensi penyebaran informasi. Fungsi media komunikasi,
adalah
- Efisiensi penyebaran informasi;
- Memperkuat eksistensi informasi;
- Mendidik/ mengarahkan/ persuasi;
- Menghibur/ entertaint/ joyfull.
- Kontrol sosial.
Adapun bentuk-bentuk
media massa: surat kabar, majalah, radio, televise dan film. Masing-masing
media massa tersebut memiliki karakteristiknya berikut keuntungan dan
kelemahannya.
Saluran komunikasi
bisnis, pada prinsipnya memiliki dimensi yang sama dengan saluran komunikasi
pada umumnya. Menurut Rao (Blake dan Haroldsen, 1979:14), paling tidak, saluran memiliki 7 dimensi,
dimana dimensi tersebut memungkinkan
kita dapat mengevaluasi efektivitas yang relative dari saluran komunikasi yang
berbeda. Dimensi-dimensi tersebut, adalah (a) kredibilitas saluran (channel credibility), (b) umpan balik
saluran (channel feedback), (c)
keterlibatan saluran atau partisipasi (channel
involvement), (d) tersedianya saluran
(channel availability), (e) daya
tahan saluran yang memungkinkan pesan dapat bertahan/ terlindungi (channel permanency), (f) kekuatan
multiguna saluran (channel multiplicative
power), (g) kesalingmelengkapi saluran (channel
complementarity).
Media massa
berkembang demikian pesatnya, namun untuk memudahkan dalam mengidentifikasi
perkembangannya. Pada dasarnya, media massa terbagi menjadi dua kategori, yakni
media massa cetak dan media massa elektronik. Media massa cetak yang dapat
memenuhi kriteria sebagai media massa adalah surat kabar dan majalah, sedangkan
media massa elektronik yang memenuhi kriteria adalah radio siaran, televisi dan
film. Setiap media massa memiliki karakteristik yang khas (Ardianto dan Komala,
2005:97-147)
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI
BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar