Senin, 14 Mei 2018

Media dalam Komunikasi Bisnis




Dalam kaitannya organisasi bisnis media komunikasi adalah suatu media atau alat bantu yang digunakan oleh suatu organisasi untuk mencapai efisiensi dan efektivitas kerja dengan hasil yang maksimal. Secara sederhananya, media komunikasi ialah sebagai salah satu saluran perantara dalam penyampaian informasi dari komunikator kepada khalayak yang bertujuan untuk efisiensi penyebaran informasi. Fungsi media komunikasi, adalah
  1. Efisiensi penyebaran informasi;
  2. Memperkuat eksistensi informasi;
  3. Mendidik/ mengarahkan/ persuasi;
  4. Menghibur/ entertaint/ joyfull.
  5. Kontrol sosial.

Adapun bentuk-bentuk media massa: surat kabar, majalah, radio, televise dan film. Masing-masing media massa tersebut memiliki karakteristiknya berikut keuntungan dan kelemahannya.

Saluran komunikasi bisnis, pada prinsipnya memiliki dimensi yang sama dengan saluran komunikasi pada umumnya. Menurut Rao (Blake dan Haroldsen, 1979:14), paling tidak, saluran memiliki 7 dimensi, dimana dimensi  tersebut memungkinkan kita dapat mengevaluasi efektivitas yang relative dari saluran komunikasi yang berbeda. Dimensi-dimensi tersebut, adalah (a) kredibilitas saluran (channel credibility), (b) umpan balik saluran (channel feedback), (c) keterlibatan saluran atau partisipasi (channel involvement), (d) tersedianya  saluran (channel availability), (e) daya tahan saluran yang memungkinkan pesan dapat bertahan/ terlindungi (channel permanency), (f) kekuatan multiguna saluran (channel multiplicative power), (g) kesalingmelengkapi saluran (channel complementarity).

Media massa berkembang demikian pesatnya, namun untuk memudahkan dalam mengidentifikasi perkembangannya. Pada dasarnya, media massa terbagi menjadi dua kategori, yakni media massa cetak dan media massa elektronik. Media massa cetak yang dapat memenuhi kriteria sebagai media massa adalah surat kabar dan majalah, sedangkan media massa elektronik yang memenuhi kriteria adalah radio siaran, televisi dan film. Setiap media massa memiliki karakteristik yang khas (Ardianto dan Komala, 2005:97-147)









Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka


Tidak ada komentar:
Write komentar