Dalam aktivitas komunikasi bisnis, kita
tidak hanya sekedar menyampaikan pesan kepada khalayak bisnis internal maupun
eksternal. Bisnis dilakukan untuk sejumlah alasan yang berbeda, dan metode yang
digunakan akan tergantung pada alasan, keadaan, dan mungkin orang-orang dengan
siapa kita berkomunikasi. Ada beberapa alasan mengapa kita perlu untuk
berkomunikasi dengan orang lain dalam lingkungan bisnis, yaitu untuk
menyampaikan informasi; untuk membujuk orang agar membeli produk atau
menggunakan layanan; untuk membahas masalah; untuk merekomendasikan tindakan;
untuk membuat atau menjawab permintaan; untuk membuat atau menjawab keluhan;
untuk mencatat sesuatu yang telah terjadi atau disepakati; untuk menjelaskan
atau memperjelas situasi; untuk memberikan instruksi.
Komunikasi terbagi menjadi komunikasi
eksternal dan internal. Komunikasi eksternal adalah komunikasi yang terjadi
diluar organisasi seperti komunikasi dengan perusahaan lain, dengan pemerintah,
masyarakat umum. Komunikasi internal adalah mereka yang berada didalam
organisasi. Komunikasi internal dibagi lagi menjadi dua bagian, formal atau
resmi dan informal (Vikram and Priya,
2009:24) formal merupakan suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan
biasanya dilakukan didalam lembaga formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif,
berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas
organisasi dengan status masing-masing yang tujuannya menyampaikan pesan yang
terkait dengan kepentingan dinas. Suatu komunikasi juga dapat dikatakan formal
ketika komunikasi antara dua orang atau lebih yang ada pada suatu organisasi
dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip dan struktur organisasi.
Informal: pengertian komunikasi informal
adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi, akan tetapi
tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. Fungsi komunikasi
informal adalah untuk memelihara hubungan social persahabatan kelompok
informal, penyebaran informasi yang bersifat pribadi dan privat seperti isu, gossip,
atau rumor. Tentang komunikasi informal sebaiknya tidak dilakukan berdasarkan
informasi yang masih belum jelas dan tidak akurat, carilah sumber informasi
yang dapat dipercaya, selalu gunakan akal sehat dan bertindak berdasarkan
pikiran yang positif. Informasi dalam komunikasi informal biasanya timbul
melalui rantai kerumunan dimana seseorag menerima informasi dan diteruskan
kepada seseorang atau lebih dan seterusnya sehingga informasi tersebut tersebar
ke berbagai kalangan. Implikasinya adlah kebenaran informasi tersebut menjadi
tidak jelas atau kabur. Meski demikian komunikasi informal akan untuk memenuhi
kebutuhan social, mempengaruhi orang lain dan mengatasi kelambatan komunikasi
formal yang biasanya cenderung kaku dan harus
melalui berbagai jalur terlebih dahulu.
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI
BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar