Ahli komunikasi Gerbner,
menjelaskan definisi komunikasi massa lebih terperinci. Menurut Gerbner komunikasi massa adalah
produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan
yang kontinu serta paling luas yang dimiliki orang dalam masyarakat industry. Seperti
halnya Gerbner yang mengemukakan
bahwa komunikasi massa itu akan melibatkan lembaga maka Wright secara khusus mengemukakan bahwa komunikator bergerak dalam
organisasi yang kompleks. Menurut Wright,
bentuk baru komunikasi dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena
memiliki karakteristik utama sebagai berikut: di arahkan pada khalayak yang relative besar; heterogen dan anonym; pesan
disampaikan secara terbuka; sering dapat mencapai kebanyakan khalayak secara
serentak; bersifat sekilas; komunikator cenderung berada atau bergerak dalam
organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya besar.
Penggunaan komunikasi massa oleh
organisasi bisnis memiliki nilai manfaat, dimana komunikasi massa mampu
menjangkau public dengan cakupan yang sangat luas, apalagi dengan perkembangan
kepadatan penduduk yang cukup pesat komunikasi massa mampu menjadi solusi sebagai
metode komunikasi untuk menginformasikan barang dan jasa yang dihasilkan
organisasi. Keunggulan komunikasi massa karena didukung dengan kepemilikan
media massa disetiap rumah, seperti televisi dan radio.
Karakteristik komunikasi massa menurut Ardianto dan Komala
(2009:45) sebagai berikut; komunikator terlembagakan, pesan bersifat umum,
komunikannya anonym dan heterogen, media massa menimbulkan keserempakan,
komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan, komunikasi massa bersifat satu
arah, stimulasi alat indra terbatas, umpan balik tertunda (delayed) dan tidak langsung (indirect).
Pakar komunikasi Dominick
(dalam Ardianto, Komala, 2009:14)
mengemukakan fungsi komunikasi massa terdiri dari surveillance (pengawasan), interpretation
(penafsiran), linkage (keterkaitan),
transmissions of values (penyebaran
nilai), dan entertainment (hiburan).
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI
BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar