Selasa, 15 Mei 2018

Proses Komunikasi Bisnis




Ahli komunikasi  Gerbner, menjelaskan definisi komunikasi massa lebih terperinci. Menurut Gerbner komunikasi massa adalah produksi dan distribusi yang berlandaskan teknologi dan lembaga dari arus pesan yang kontinu serta paling luas yang dimiliki orang dalam masyarakat industry. Seperti halnya Gerbner yang mengemukakan bahwa komunikasi massa itu akan melibatkan lembaga maka Wright secara khusus mengemukakan bahwa komunikator bergerak dalam organisasi yang kompleks. Menurut Wright, bentuk baru komunikasi dapat dibedakan dari corak-corak yang lama karena memiliki karakteristik utama sebagai berikut: di arahkan pada khalayak yang relative besar; heterogen dan anonym; pesan disampaikan secara terbuka; sering dapat mencapai kebanyakan khalayak secara serentak; bersifat sekilas; komunikator cenderung berada atau bergerak dalam organisasi yang kompleks yang melibatkan biaya besar.

Penggunaan komunikasi massa oleh organisasi bisnis memiliki nilai manfaat, dimana komunikasi massa mampu menjangkau public dengan cakupan yang sangat luas, apalagi dengan perkembangan kepadatan penduduk yang cukup pesat komunikasi massa mampu menjadi solusi sebagai metode komunikasi untuk menginformasikan barang dan jasa yang dihasilkan organisasi. Keunggulan komunikasi massa karena didukung dengan kepemilikan media massa disetiap rumah, seperti televisi dan radio.
Karakteristik komunikasi massa menurut Ardianto dan Komala (2009:45) sebagai berikut; komunikator terlembagakan, pesan bersifat umum, komunikannya anonym dan heterogen, media massa menimbulkan keserempakan, komunikasi mengutamakan isi ketimbang hubungan, komunikasi massa bersifat satu arah, stimulasi alat indra terbatas, umpan balik tertunda (delayed) dan tidak langsung (indirect).
Pakar komunikasi Dominick (dalam Ardianto, Komala, 2009:14) mengemukakan fungsi komunikasi massa terdiri dari surveillance (pengawasan), interpretation (penafsiran), linkage (keterkaitan), transmissions of values (penyebaran nilai), dan entertainment (hiburan).  







Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka


Tidak ada komentar:
Write komentar