Internet merupakan jaringan besar yang
dibentuk oleh interkontekstual computer
dan komputer tunggal diseluruh dunia, lewat saluran telepon, satelit dan system
telekomunikasi lainnya (Ustadiyanto dan
Silvia, 2004:3). Menurut LaQuey
(1997) internet merupakan jaringan longgar dari ribuan computer yang
menjangkau jutaan orang diseluruh dunia.
Berdasarkan pengertian tersebut, definisi
internet dapat disimpulkan sebagai kumpulan computer yang terhubung melalui
suatu jaringan yang tercipta melalui saluran telekomunikasi yang menjangkau
jutaan orang diseluruh dunia. Misi awal dari internet adalah menyediakan sarana
bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah computer.
Internet mulai masuk Indonesia sekitar
tahun 1990-an oleh staf-staf pusat penelitian yang kemudian mendirikan RADNET,
perusahaan internet komersial pertama di Indonesia (Krisna dan David, 2001:229). Pentingnya media baru, khususnya internet,
sebagai sarana komunikasi bagi organisasi dalam publiknya sangat terasa
manakala melihat jumlah pengguna internet itu hampir mendekati 100% pertahun. Terlebih
dengan dicanangkannya Dewan Teknolog Informasi dan Komunikasi Nasional (DTIKN)
oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 13 November 2006 lalu (Monika Suharko, 2006:9).
Banyak sekali keuntungan yang diperoleh
oleh lembaga atau perusahaan dengan menggunakan internet , di antaranya
kecepatan transfer data antar bagian, surat-menyurat elektronik dan pencarian
data informasi yang diperlukan perusahaan atau lembaga (Sitompul, 2001:23).
Berkembangnya teknologi internet
mempunyai keunggulan dalam mengatasi jarak dan waktu, serta menyediakan sumber
informasi yang hampir tanpa batas, membuka peluang untuk pemerataan kesempatan
belajar serta memperkaya pengalaman kerja. Imternet memungkinkan pula terjadinya
kerja sama dan interaksi pribadi antar pelaku pendidikan sehingga memungkinkan
adanya pengayaan pengalaman belajar antarbudaya. Internet mampu pula menyediakan
sumber belajar yang kaya, baik dalam diri para ahli maupun sumber informasi
dari seluruh dunia (Pengurus Daerah
Ikatan Pustakawan Indonesa Jawa Barat, 2000:215).
Kemampuan internet menyuguhkan informasi
dalam bentuk multimedia memiliki keunggulan dalam menyajikan informasi dalam
desain menarik, serta permainan interaktif, merupakan suatu alat ampuh untuk
memotivasi dan memberikan tantangan (Burns,
1997).
Penggunaan internet oleh para professional
merupakan cikal bakal dari perkembangan teknologi internet. Banyak ahli
menyebutkan, pengunaan internet pada masa krisis komunikasi, dapat
mengidentifikasi masalah dalam manajemen
untuk kemudian dikomunikasikan kepada public. Kegunaan lainnya adalah untuk
pembuatan newsletter (terbitan
berkala) elektronik, pengiriman pesan kepada khalayak sasaran, dan aplikasi
internet dan web one to one dalam
kegiatan marketing dan komunikasi (Holtz, dalam Soemirat dan Ardianto, 2003).
Keuntungan public relations dalam menggunakan internet: informasi cepat sampai
pada public, internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi
dan promosi. Siapapun dapat mengakses internet, tidak terbatas oleh ruang dan
waktu, internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam
bidang pemasaran secara langsung.
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI
BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar