Senin, 28 Mei 2018

Proses Komunikasi Media Online (Internet)




Internet merupakan jaringan besar yang dibentuk oleh interkontekstual computer dan komputer tunggal diseluruh dunia, lewat saluran telepon, satelit dan system telekomunikasi lainnya (Ustadiyanto dan Silvia, 2004:3). Menurut LaQuey (1997) internet merupakan jaringan longgar dari ribuan computer yang menjangkau jutaan orang diseluruh dunia.

Berdasarkan pengertian tersebut, definisi internet dapat disimpulkan sebagai kumpulan computer yang terhubung melalui suatu jaringan yang tercipta melalui saluran telekomunikasi yang menjangkau jutaan orang diseluruh dunia. Misi awal dari internet adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah computer.

Internet mulai masuk Indonesia sekitar tahun 1990-an oleh staf-staf pusat penelitian yang kemudian mendirikan RADNET, perusahaan internet komersial pertama di Indonesia (Krisna dan David, 2001:229). Pentingnya media baru, khususnya internet, sebagai sarana komunikasi bagi organisasi dalam publiknya sangat terasa manakala melihat jumlah pengguna internet itu hampir mendekati 100% pertahun. Terlebih dengan dicanangkannya Dewan Teknolog Informasi dan Komunikasi Nasional (DTIKN) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 13 November 2006 lalu (Monika Suharko, 2006:9).

Banyak sekali keuntungan yang diperoleh oleh lembaga atau perusahaan dengan menggunakan internet , di antaranya kecepatan transfer data antar bagian, surat-menyurat elektronik dan pencarian data informasi yang diperlukan perusahaan atau lembaga (Sitompul, 2001:23).

Berkembangnya teknologi internet mempunyai keunggulan dalam mengatasi jarak dan waktu, serta menyediakan sumber informasi yang hampir tanpa batas, membuka peluang untuk pemerataan kesempatan belajar serta memperkaya pengalaman kerja. Imternet memungkinkan pula terjadinya kerja sama dan interaksi pribadi antar pelaku pendidikan sehingga memungkinkan adanya pengayaan pengalaman belajar antarbudaya. Internet mampu pula menyediakan sumber belajar yang kaya, baik dalam diri para ahli maupun sumber informasi dari seluruh dunia (Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesa Jawa Barat, 2000:215).

Kemampuan internet menyuguhkan informasi dalam bentuk multimedia memiliki keunggulan dalam menyajikan informasi dalam desain menarik, serta permainan interaktif, merupakan suatu alat ampuh untuk memotivasi dan memberikan tantangan (Burns, 1997).

Penggunaan internet oleh para professional merupakan cikal bakal dari perkembangan teknologi internet. Banyak ahli menyebutkan, pengunaan internet pada masa krisis komunikasi, dapat mengidentifikasi  masalah dalam manajemen untuk kemudian dikomunikasikan kepada public. Kegunaan lainnya adalah untuk pembuatan newsletter (terbitan berkala) elektronik, pengiriman pesan kepada khalayak sasaran, dan aplikasi internet dan web one to one dalam kegiatan marketing dan komunikasi (Holtz, dalam Soemirat dan Ardianto, 2003).

Keuntungan public relations dalam menggunakan internet: informasi cepat sampai pada public, internet dapat berfungsi sebagai iklan, media, alat marketing, sarana penyebaran informasi dan promosi. Siapapun dapat mengakses internet, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, internet dapat membuka kesempatan melakukan hubungan komunikasi dalam bidang pemasaran secara langsung.












Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka


Tidak ada komentar:
Write komentar