Komunikasi
efektif merupakan factor utama dalam mengelola kegiatan bisnis yang
professional. Wilbur Schramm (1986)
mengungkapkan agar komunikasi efektif bisa dipahami jika pesan yang disampaikan
dapat mengakibatkan tanggapan yang kita kehendaki, syaratnya:
- Pesan harus dirancang dan disampaikan sehingga menarik;
- Pesan harus menggunakan lambang-lambang tertuju kepada pengalaman antara komunikator dan komunikan sehingga dimengerti;
- Pesan harus membangkitkan kebutuhan pribadi komunikan;
- Pesan harus menyarankan suatu jalan untuk memperoleh kebutuhan komunikan.
Disamping memperhatikan factor pesan,
para ahli komunikasi sepakat bahwa factor komunikator dan komunikan harus
menjadi perhatian utama, jika ingin komunikasi yang kita lakukan efektif.
Komunikator harus memiliki keahlian atau kemampuan dan kepercayaan, serta daya
tarik dimata para pemangku kepentingan (stakeholders).
Komunikator seyogianya memahami tujuan,
kepentingan, kebutuhan, pengalaman, dan hambatan yang akan dihadapi dalam
berkomunikasi sesuai konteks dan situasi. Komunikator memahami benar kondisi
komunikan, waktu yang tepat, bahasa yang digunakan, sikap dan nilai-nilai yang
berkembang dalam lingkungan bisnis dimana komunikasi berlangsung.
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar