Dalam kehidupan sehari-hari anda sangat
familier dengan dunia bisnis dan selalu melihat berbagai aktivitas komunikasi
bisnis. Pemaham umum, tentunya komunikasi bisnis sangat mudah di artikan
sebagai kegiatan komunikasi dalam bisnis. Seiring dengan dinamika bisnis di era
global, kajian komunikasi bisnis menjadi satu kajian ilmu tersendiri. Dengan demikian,
berbagai referensi menampilkan berbagai kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Komunikasi
bisnis bukan hanya perlu pemahaman teori, juga keterampilan teknis yang
sedemikian menarik dan menantang. Alih-alih di era teknologi informasi dan
komuikasi.
Lingkup komukasi bisnis adalah mencakup
semua aspek bagaimana sharing the idea in
business atau expression, channeling, receiving and interchanging of ideas in
commerce and industry. Artinya mencakup suatu lingkup yang sangat luas yang
bekaitan dengan pengutaraan, penyaluran, penerimaan dan pertukaran
gagasan-gagasan. Berikut ini, lima lingkup pokok komunikasi bisnis.
- Bentuk komunikasi: oral communication; written communication; gestural communication; signal communication.
- Keterampilan komunikasi: merasa; mendengar; membaca; mengobservasi; menghayati; berfikir; memahami.
- Factor psikologis: personality; appearance; reputasi; dressing (cara berpakaian); kematangan (maturity).
- Proses komunikasi: sumber komunikasi; komunikator; pesan; channel; komunikan; effect.
- Ilmu-ilmu penunjang: bahasa; psikologi; sosiologi; teknologi (Priyatna dan Ardianto 2009).
Rosenblatt, et.al. (1997 dalam Iriantara, 2008) menguraikan variabel-variabel komunikasi bisnis
dengan menambahi variabel konteks, sebagai berikut: variabel sumber (who); variabel pesan (say what); variabel penerima (to whom); variabel konteks (in what context); variabel saluran (throught
which channel); variabel efek (with
what effect).
Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI
BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar