Senin, 07 Mei 2018

Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis




Dalam kehidupan sehari-hari anda sangat familier dengan dunia bisnis dan selalu melihat berbagai aktivitas komunikasi bisnis. Pemaham umum, tentunya komunikasi bisnis sangat mudah di artikan sebagai kegiatan komunikasi dalam bisnis. Seiring dengan dinamika bisnis di era global, kajian komunikasi bisnis menjadi satu kajian ilmu tersendiri. Dengan demikian, berbagai referensi menampilkan berbagai kebutuhan yang diperlukan masyarakat. Komunikasi bisnis bukan hanya perlu pemahaman teori, juga keterampilan teknis yang sedemikian menarik dan menantang. Alih-alih di era teknologi informasi dan komuikasi.
Lingkup komukasi bisnis adalah mencakup semua aspek bagaimana sharing the idea in business atau expression, channeling, receiving and interchanging of ideas in commerce and industry. Artinya mencakup suatu lingkup yang sangat luas yang bekaitan dengan pengutaraan, penyaluran, penerimaan dan pertukaran gagasan-gagasan. Berikut ini, lima lingkup pokok komunikasi bisnis.
  1. Bentuk komunikasi: oral communication; written communication; gestural communication; signal communication.
  2. Keterampilan komunikasi: merasa; mendengar; membaca; mengobservasi; menghayati; berfikir; memahami.
  3. Factor psikologis: personality; appearance; reputasi; dressing (cara berpakaian); kematangan (maturity).
  4. Proses komunikasi: sumber komunikasi; komunikator; pesan; channel; komunikan; effect.
  5. Ilmu-ilmu penunjang: bahasa; psikologi; sosiologi; teknologi (Priyatna dan Ardianto 2009).

Rosenblatt, et.al. (1997 dalam Iriantara, 2008) menguraikan variabel-variabel komunikasi bisnis dengan menambahi variabel konteks, sebagai berikut: variabel sumber (who); variabel pesan (say what); variabel penerima (to whom); variabel konteks (in what context); variabel saluran (throught  which channel); variabel efek (with what effect).











Sumber : Buku Materi Pokok SKOM4432/3sks/MODUL 1-9 KOMUNIKASI BISNIS Surwandi Sumartias Universitas Terbuka

Tidak ada komentar:
Write komentar